Thursday, March 1, 2012

Jangan Pelit Mam!

Jangan Pelit Mam!  Ya... itu kata-kata yang keluar dari mulut anak umur 6 tahun ke gw (yang notabene katanya sudah banyak mendengarkan tausiah) dan anak umur 6 tahun itu adalah Radja anak gw sendiri..hihihi jadi malu sendiri.


 Begini ceritanya...

Saat gw dan Radja mau keluar rumah gw lihat ada pemulung or petugas kebersihan *gw ga jelas juga* yang membersihkan sampah didepan rumah gw, masih muda mungkin sekitar 15-16 tahun perawakannya kurus dan bajunya sangat lusuh, pokoknya penampilannya pasti akan membuat orang tergugah karena wajahnya masih polos dan kasihan melihatnya  harus bekerja mengais-ngais sampah.

Ternyata Radja juga memperhatikan anak itu. Karena kasihan, spontan gw keluarin dompet mau ngasih anak itu tapi kok didompet gw cuma ada 50 ribuan semua secara gw baru ambil uang dr ATM. Gw rencananya cuma mau ngasih 10 ribu karena gw pikir anak ini pasti sering membersihkan sampah dirumah gw jadi bisa kapan aja ngasih lagi.  
 
Gw     : (masih sibuk cari-cari uang 10 ribuan)
Radja  : Mam kok lama banget ngeluarin duitnya ..cepetan doong aku mau ngasih uang ke pemulung itu
Gw     : Bentar nak, ga ada uang 10 ribuan nih...
Radja  : (karena ga sabar Radja mendekat  ke gw dan melongo ke dompet gw) dan bilang
             " Itu ada banyak uang 50 ribuan !!
Gw      : iya tapi mama mau ngasih 10 ribu aja
Radja   : Jangan Pelit dong Mam!  kasih aja 50 ribu kan uang mamam masih banyak !
Gw      : *Plaaak gw berasa ditampar dengan omongannya Radja
               Langsung gw kasih 50ribu ke Radja dan dia turun dari mobil sambil berlari menghampiri pemulung
               itu dan memberikan uang,. wajah anak itu dan wajah Radja sama-sama sumringah sekali dan tak
               lupa anak itu  mengucapkan terima kasih ke Radja.  Hati gw jadi nyesss ngeliat senyum anak itu.

Subhanallah... gw diberi teguran oleh Allah Swt melalui kata-kata anak gw. Bukannya gw ga pernah shadaqah  Insya Allah kalo sumbangan yang sifatnya rutin dan kewajiban sih gw udah *bukan riak ya..,  tapi memang kalo yang sifatnya spontanitas gini gw kadang lupa memberi yang terbaik. Gw jadi terharu karena  Radja anak sekecil itu bisa buat gw tersadar betapa gw sering lupa untuk bersyukur atas apa yang gw miliki dan masih aja gw memberi sedekah ke orang, bukan yang terbaik malah mencari yang terjelek atau jumlah yang tersedikit dari yang gw punya. Astaghfirullah...

Terima kasih ya Nak... semoga Bang Radja dan Adek Akbar menjadi anak-anak yang sholeh yang saling mengingatkan untuk selalu berjalan dijalan Allah Swt....Amin   
   

No comments: