Tuesday, January 3, 2012

Hongkong, Macau dan Shenzhen (Part 1)

Hasil jalan-jalan bulan Juni dan Juli kemaren ke Hongkong, Macau dan Shenzhen. Bulan Juni pergi bareng keluarga mertua dan kakak ipar, kita ga pake tour alias pergi sendiri   sedangkan bulan Juli gw pergi lagi berdua aja sama suami pake tour. Pake tour atau tidak, ada enak dan ada ga enaknya, kalo pake tour kita ga perlu capek cari info tentang tranportasi, hotel, tempat makan,itinerary dll tapi ga enaknya jadwalnya gak fleksible dan terbatas karena ditiap tempat wisata kita diberikan time limit jadi agak terburu-buru.
 Selain itu kalo pakai tour pasti dibawa ke toko-toko sponsor seperti toko obat, giok, jewellery (kebetulan kita dibawa ke Jackie chan jewellery pegawainya banyak orang Indonesia) dimana diharuskan oleh pemerintah Hk setiap tour harus membawa pesertanya ke toko-toko tsb dan yang bikin ga enaknya lagi sedikit sekali jadwal untuk berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan.

Sedangkan kalo pergi sendiri kita lebih fleksible mengatur jadwal, bebas memilih tempat yang akan kita kunjungi dan mau berapa lama kita bisa atur sendiri, tapi ga enaknya kalo kita pake public transportation pastinya lebih capek terutama kalo naik MTR karena station di HK lumayan besar-besar jadi capek juga jalan.  Saran gw sih sebenarnya lebih enak pergi sendiri apalagi kalo bawa anak-anak kita bisa bebas atur jadwal kalo capek berangkat bisa agak siang ga perlu buru-buru, jangan lupa bawa stroller karena jalannya lumayan jauh-jauh dan jangan ragu-ragu naik taksi kalo sudah capek, taksi ga mahal kok yang paling mahal kalo taksi ke airport... Kalo bawa anak-anak ga perlu banget kok ke Macau n Shenzhen cukup jalan di HK aja tapi kalau memang banyak waktu dan sudah tanggung mau ke shenzhen dan macau sih oke oke aja *siapa juga yang larang hehehe. Atas pengalaman itu gw mau sharing informasi kali aja berguna.

Hongkong
Untuk yang bepergian sendiri jangan lupa begitu sampai di airport :
  •  Beli Octopus Card (dapat digunakan untuk bayar MTR, bus, ferry, trem termasuk the peak tram dan belanja di circle K, fast food, Starbuck   dll)  di   counter dengan logo Airport Express, harga dewasa HK$150, anak2 HK$70 (sudah termasuk refundable deposit HK$50) cukup kira-kira untuk 3 hari bisa di top up di station MTR, ferry dll. Deposit dapat ditukar di station mana saja sebelum kembali ke Jakarta.
  • Ambil brosur dan peta hongkong di airport, karena di HK rata-rata penduduknya tidak berbahasa Inggris receptionist hotel sekalipun jadi agak susah kalo mau nanya-nanya arah kecuali kalo ketemu sama warga asing mereka sangat ramah dan membantu.
Dari Airport menuju hotel bisa naik MTR, Bus or Taxi, ikuti saja petunjuknya disana petunjuk cukup banyak kok. Kalo ramai-ramai dan bawa anak kecil mendingan naik taksi aja. Oh iya kalo naik taksi disana dikenakan biaya bagasi so kalo masih bisa naik MTR ya lebih hemat.
Di Hongkong taxi ada 3 warna yang membedakan wilayah operasional mereka.
          Taksi Merah  :  Beroperasi hampir diseluruh area hongkong kecuali sebagian
                                lantau island
          Taksi Hijau    :  Beroperasi hanya di kawasan New Territories
          Taksi Biru      :  Beroperasi hanya di Lantau Island

Dan jangan lupa untuk yang bepergian sendiri sebaiknya hotel atau apartemen sudah dipesan sejak di Jakarta  ya biar gak luntang lantung dinegeri orang.
Kalo pake tour sih enak tinggal duduk manis semua sudah diatur kita sudah dijemput sama tour guide pada saat keluar dari bandara.

Hongkong dibedakan atas beberapa wilayah/pulau *kayak pelajaran geografi aja :)  :
-                   Hongkong Island      : Causewaybay, central, Admiralty (ocean park)
-                   Lantau Island          : Disneyland Resort, Airport, Tung Chung (city oultet mall,
                                                  giant budha)
-                   Kowloon                : Tsim Sha Tsui
-                   New Territories      : Disini kayaknya ga ada yang penting deh *sotoooy

Tempat wisata dan perbelanjaan  Hongkong :

1.  Disneyland
Gw ke Disneyland pas pergi bareng keluarga dan pas ikut tour ga kesitu karena pesertanya ga ada anak kecil.
Jadi kita naik MTR dari apartemen menuju ke Disneyland gampang kok distation cukup jelas MTR mana yang harus kita naiki yaitu ambil yang kearah Tung Chung dan turun di station Sunny Bay dan pindah MTR ambil yang kearah Disneyland Resort. Bedanya MTR dari Sunny Bay ini penuh dengan pernak-pernik karakter Disney terutama Mickey Mouse, jendelanya berbentuk kepala Mickey, pegangannya bentuk Mickey dan dipajang juga patung-patung karakter Disney.. bagus deh.

Tiket masuk Disneyland , dewasa HK$350 dan anak-anak  (3-11 th) HK$250
Di sini dibagi 3 macam atraksi :
o   Nonton Pertunjukan/parade
o   Bermain di wahana permainan
o   Foto dengan karakter Disney

Jadwal harian bisa diliat di brosur yang tersedia di pintu masuk atau liat di website Disneyland.
Disneyland terbagi  4 area :
  • Mainstreet USA  : nonton Disney parade (ada jadwalnya sehari cuma 2x), Disney in the stars fireworks (depan sleeping beauty castle) mulainya sekitar jam 9 malam, jangan pulang dulu kalo belum liat ini.
  • Adventureland : Festival of The Lion King (musicl, harus liat), Jungle River Cruise (naik perahu mengelilingi hutan), Tarzan Tree house (ada di tengah2 jungle.
  • Fantasyland : Mickey’s Philharmagic teater 3D (harus liat), tersedia mainan utk anak-anak dan balita spt Cinderella carousel, dumbo the flying Elephant, fantasy train, mad hattter tea cups and manny adventures od winnie the pooh (kayak istana boneka dufan), it’s a small world, foto sama karakter.
  • Tomorrowland : space mountain, roller coaster, autopia, orbitron, stich encounter dan foto bareng karakter
Kalo dibandingkan dengan Universal Studio Singapore menurut pendapat pribadi gw sih masih asyikan USS ya, ga tau apa karena pas ke Disneyland Hk abang Radja lagi agak demam jadi gw ga bisa optimal naik ke semua wahana tapi yang gw dengar dari teman-teman sih memang bagusan USS. Tapi untuk yang punya anak TK dan SD sih oke banget disitu karena permainannya kebanyakan untuk balita dan SD sedangkan untuk dewasanya jarang banget.
Tapi ada beberapa atraksi yang memang masih bagusan di Disney seperti :
  • "Disney in The Star" fireworknya yahuud punya jauuuuh sama yang di USS, kalo firework di USS standar aja...firework di Disneyland HK bener2 bagus dan meriah, gw n family bener terpesona.
  • "Space mountain", ini sebenarnya sama kayak "Revenge of the Mummy" di USS, roller coaster yang super cepat dan indoor, selama perjalaann ada film-filmnya yang membuat kita seperti sedang di luar angkasa, ini kata ponakan gw karena gw dan radja ga bisa ikut naik hiks..
  • "Stitch encounter" mirip kayak "Donkey Live" di USS karena penonton dilibatkan dalam atraksi itu dan jangan lupa liat jadwal pertunjukkan ya pilih yang berbahasa Inggris karena atrakasi ini ada yang berbahasa mandarin dan Ingsris. Lucunya temenku ada yang salah masuk ke yang berbasaha mandarin jadi ya ga ngerti gitu cuma karena bahasa tubuhnya sudah lucu ya lumayan juga siiih.. hehehe.
  • "Festival of Lion King" ini kayak pertunjukan festival music yang menceritakan tentang Lion King dengan kostum ,pernak pernik  dan toolsnya ala jungle dengan binatang-binatangnya yang oke punya dan stagenya ada di center ruangan jadi latarnya berubah-ubah terus sesuai dengan temanya. Kalo ga salah USS ga ada festival music kayak gini. Di atraksi itu yang menjadi magic wordnya adalah "Hakuna Matata" yang arinya no worries.
  • "Disney Parade" ini harus liat apalagi kalo bawa anak kecil seneng banget pasti liat semua karakter Disney dengan music yang menggema rame dan baguuuus banget. Memang Disneyland surga banget buat anak-anak :)
Disana juga sama seperti di USS banyak yang jual souvenir baik yang di toko-toko atau hanya di booth tapi semua harganya sama kok. Harganya lumayan mahal seperti kaos sekitar Rp. 120 -250 ribu, payung Rp. 125 ribu, topi Rp. 123-175 ribu, gantungan kunci dan magnet kulkas sekitar Rp. 30 -75 ribu dan banyak lagi. Walaupun agak mahal tapi gw sarani harus belilah souvenir sayang kan sudah jauh-jauh kesana ga ada tanda mata..ya kan..

Oh iya masuk ke Disneyland HK ketat banget ga boleh bawa makanan dan minuman, tas kita benar-benar digeledah di depan pintu masuk, kemarena karena kita ga tau sudah bawa makanan untuk makan siang jadi terpaksa dititip ke penitipan dengan membayar sebesar Hk$60 mahal aja... tapi kalo air putih pake termos dan makanan yang dikemas baik kayaknya bisa lewat deh... kalo di USS agak longgar yang penting masukin aja makanannya ke tas jangan sampai keliatan kita nenteng makanan pasti akan dilarang.

Walaupun Disneyland ini ga seberapa besar tapi lebih baik datangnya jangan kesiangan deh nanti ga semua wahana dan atraksi  bisa dimasuki kan sayannng, soalnya kemaren kita kesiangan sampai sana jam 12.30 gara-gara mampir ke citygate outlet, jadi kayaknya belum semua wahana kita coba.

2. Citygate Outlet
Sebelum kita ke Disneyland mampir dulu ke mall ini karena arahnya sama. Dengar-dengar disini harga murah karena stock atau model lama tapi ternyata sampai sana kok ga ada yang oke ya modelnya biasa-biasa aja dan harganya pun sama saja kayak di mall lain, cuma memang di outlet crocs gw dapat yang murah padahal modelnya di Indonesia aja belum keluar tapi pilihan modelnyapun terbatas banget ada sih yang juga lagi diskon kayak esprit, bossini dll tapi ya luamayan aja ga terlalu bagus.  Jadi bagi yang ga doyan belanja ga usah deh khusus ke sini.

3.  Victoria Peak
The Victoria Peak adalah  bukit apa gunung tertinggi di Hongkong dimana dari atas sana kita bisa melihat pemadangan kota Hongkong, kalo ke Hongkong ga kesini ga afdol deh pokoknya. Buat mencapai The Peak kita harus naik Tram dengan model kereta uap yang clasic dan kemiringannya lumayan curam loh kalo liat kebelakang saat kita naik tram lumayan serem juga. Setelah sampai di The Peak ini kita bisa mengunjungi :
  • Madamme Tusaud
  • Sky Terrace .
Katanya sih malam hari bagus banget ngeliat kota Hongkong dari sana tapi kemaren kita datang siang hari tapi oke juga kok mungkin kalo malam jadi banyak lampu-lampu, dimana HK kan terkenal dengan pemandangan gedung-gedung bertingkatnya. Biar bisa liat kota HK saat terang dan malam bagusnya datang siang/sore pulang malam jadi mendapatkan suasana yang berbeda dari atas bukit.
Dari yang gw baca kalo mau  naik transportasi umum bisa naik MTR menuju Central st , naik Bus no 15C yang membawa kita ke Peak Tram Terminal. Bus 15C bus bertingkat dengan atap terbuka shg bisa menikmati pemandangan gedung di kawasan   central Hongkong Island, pemberhentian busa di Garden road Peak Tram Lower Terminus, stasiun peak tram. Tapi entah gimana karena waktu kita mau berangkat hujan jadi kita pilih naik bus langsung depan apartemen kita karena kalo ke station MTR agak jauh juga jalannya dan kita bawa banyak anak2 takut pada sakit. Akhirnya kita putuskan naik bus no 27C kalo ga salah pokoknya baca aja di sign depan halte lengkap kok informasinya tapi ternyata begitu sampai kita harus jalan lagi sekitar 10 menit dan jalannya menanjak lagi untuk menuju tempat beli tiket Peak Tram.

Naik the peak tram ini bisa juga pake occtopus card tapi kalo mau lebih murah mendingan beli paket terusan.
Ada beberapa pilihan kombinasi tiket yang bisa dibeli :
Pilihan
Dewasa
Anak
Peak tram (pp)
Peak tram (pp) + Sky terrace
Peak tram (pp)+sky terrace+madame Tussaud
200
100

Peak tram beroperasi mulai 7 pagi sampai 12 malam, sky terrace dari jam 10 sampai 11 malam.

Setelah kita naik tram ke atas bukit yang disebut Th Peak itu tempat yang kita kunjungi pertama adalah Madame Tussaud. Sebelum pintu masuk ada patung lilin Jackie chan dan sebelum masuk semua pengunjung difoto, pada saat pintu keluar kita bisa melihat hasilnya boleh diambil boleh tidak. Di dalamnya lebih banyak lagi patung lilin orang-orang terkenal tidak hanya artis tapi juga presiden, politikus, ilmuwan dll. Patung lilin artis hongkong banyak juga tapi gw ga tau semua siih..Kalo mau foto-foto dengan bergaya mirip patung disediakan juga kok aksesoris dan kostumnya for free ..

Selesai berkeliling di meseum patung lilin kita lanjut naik ketingkat paling atas gedung itu dimana disebut sky terrace. Sky terrace itu adalah rooftop dari gedung tsb dari sana kita bisa melihat pemandangan kota Hongkong yang cantik. Waktu gw pakai tour kita ga dibawa ke sky terrace ini padahal kayaknya kalo sudah sampai The Peak ga ke sky terrace rasanya kurang afdal, mungkin tournya ambil pake paling murah kali ya.
Puas foto-foto disana kita kembali turun pake tram lagi karena kita sudah beli tiket terusan, waktu pake tour kita turunnya ga pake tram lagi tapi dijemput bus travel.

Akhirnya selesai deh mengunjungi The Peak padahal hampir kita nyaris gagal berangkat karena hujan badai sebelum kita bernagkat. Di Hongkong kalo terjadi Typhon maka pemerintah akan mengeluarkan larangan untuk warganya bepergian, Alhamdulilaah ternyata hujannya ga lam.

Untuk tempat wisata lainnya bersambung yaa...

1 comment:

Anonymous said...

saya mah pake gak pake tour tetep aja, ya gakbisa bebas jg jadwalnya. sayang buang2 uang ke luar negeri tp kebanyakan molor di hotel hehehehe:DD soalnya keuangan saya biasa aja sih...hihihiXDD btw di hk, shnzhn, mc suasananya gmn mbak?