Wednesday, October 17, 2012

Mengunjungi Stadium Bola di London

Sebagai (not) penggemar bola , gw dengan senang hati mendampingi papap mengunjungi stadium-stadium bola di London. Rasanya semua stadium yang ada di London mau dikunjungi tapi apa daya waktu ga cukup dan kaki ga kuat :)  padahal kita cukup lama loh di London 12 hari termasuk 2 hari perjalanan efektif 10 hari lah yaa, cuma ya itu dipotong training.

Secarakaan gw dapat ketiban rejeki bisa jalan-jalan ke London gara-garanya papap dikirim training dari kantornya jadi lumayan cuma ngeluarin tiket pesawat aja,  penginapan kan nebeng  :)
Berangkat dari Jakarta hari sabtu tgl 15 September jam 9.20 naik Singapore Airlines, sampai di Heathrow Airport  jam 7 malam masih di hari sabtu. Lama perjalanan 16 jam dari Jakarta transit dulu di Singapore selama 1 jam karena kita naik SQ terus lanjut ke London selama 13 jam.

So selama kita disana hanya berhasil mengunjungi 4 stadium yaitu Emirates Stadium (Arsenal FC), Stamford Bridge Stadium(Chelsea FC), Anfield Stadium (Liverpool FC) dan Old Trafford Stadium (Manchester United FC)  ... Mantab!  Itu juga curi-curi waktu sebelum papap training, jadi karena trainingnya mulai jam 9.30 (siang bener ya ..) kita jam 7 pagi sudah siap menuju lokasi stadium yaitu hari kedua training  ke Arsenal dan hari ke 3 Chelsea. Letak 2 stadium itu masih di area London jadi sempatlah pagi2 kita kesana, secara tranportasi disana kan gampang banget. Dan untuk Anfield dan Old Trafford khusus hari sabtu setelah selesai training karena lokasinya diluar kota.

Emirates Stadium

Menuju lokasi Emirates stadium gampang banget, naik aja tube turun di station Arsenal sesuai dengan kandangnya klub Arsenal  (piece of cake laah ), karena dr apartemen kita ga bisa langsung jadi dari apartemen kita station terdekat adalah Mansion House yang ada dijalur Circle Line (warna kuning) turun dan tuker tube di South Kensington ambil tube Picadilly Line arah ke arsenal sampe deeh...So jangan lupa bawa map jalur tube karena membantu banget karena mapnya jelas banget jadi jangan khawatir nyasar, kalo nyasar juga tinggal balik arah aja kok :).  Kita dapat map dari apartemen kita tapi rasanya di bandara n station ada deh...Keluar dr station Arsenal ambil arah kanan jalan kaki cuma 5 menit sudah sampe ...wow gampang ternyata kalo ga yakin tanya aja sama petugas di station.
Arsenal Station

Tadaaaa.... sampe juga di Emirates Stadium yang keren banget itu :)

Emirates Stadium , tuuh Papap teteap foto dengan kostum Persebayanya hehee
Berhubung kita sampe masih pagi banget, ga ada toko souvenir yang buka jadi cuma foto-foto sekeliling stadium. Toh rencanya kita nanti beli baju-baju bola di Lilly Whites shop aja katanya disana toko khusus olah raga dan harganya murce.

Kereeeen bangeet stadiumnya katanya sih memang paling bagus diantara semua stadium, kalo ke London kudu kesini..kalo mau ikut tour ke dalam stadium bisa lihat di websitenya jadwal yang tersedia bayarnya  GBP 17.5, katanya sih kalo di Emirates ini tournya bebas aja gitu cuma dibekalin audio tourguide (headphone) ga pake tour guide. Tapi malah enak bebas mau foto2 kalo pake tour guide malah waktunya terbatas karena kita harus ngikutin dia supaya ga ketinggalan penjelasan.

p
Tuuh kan masih tutup merchandise storenya
 Emirates Stadium ini lokasinya bener-bener ditengah-ditengah pemukiman, termasuk di wilayah pinggiran London. Enaaak bener kotanya adem ayem, rumahnya unik-unik, asri pokoknya kereeen deh kayaknya enak juga kalo tinggal disini hehehe... Beda sama Jakarta ya kalo Stadion tuh lokasinya pasti di tengah kota yang padat dan hiruk pikuk kayak Stadion Senayan dan Lebak Bulus.
Lingkungan sekeliling Stadium

Stanford Bridge Stadium

Nah kalo ini kandangnya Chelsea Football Club . Letaknya juga ga jauh dari pusat kota London, ada di Fullham Road. Berhubung gw super capek sudah hari ke 5 sejak kita sampe di london ga berhenti jalan jadi akooh tumbang deh..nyerah ga bisa ikutan ke Stamford Bridge Stadium. So ga bisa cerita banyak  karena akooh ga lihat sendiri.

Tapi berdasarkan laporan mata dari Papap itu stadium keren juga (yaeyalaah mana ada yg ga keren disono) cuma kayaknya lebih kecil dibandingkan Emirates Stadium. Kapasitasnya sekitar 42 ribuan. Kalo mau ikut tour sekitar GPB 18. Denger-denger sih mau diperbesar atau mau pindah lokasi supaya kapasitasnya bisa mencapai 60 ribu penonton tapi kayaknya belum jelas jg sih karena supporternya banyak ga setuju *sok tau banget gw

Old Trafford Stadium

Yihaaa akhirnya kita kesampaian juga mengunjungi kandangnya Manchester United FC yang letaknya di Stretford, Trafford, Manchester. Menuju kesana kita naik kereta Virgin Train pas kita kesana dapat harga GBP 32 yang biasanya bisa dapat GBP 18 tapi berhubung kereta penuh karena  besoknya ada pertandingan antara MU dan Liverpool, jadi dapat tiket yang agak mahal tapi yg lebih mahal juga ada. Kita cuma beli tiket London - Manchester dan Liverpool ke London, karena memang rencana kita dari Manchester langsung lanjut ke Liverpool, karena jam kita dari Manchester ke Liverpool belum jelas, kita putuskan beli on the spot aja seselesainya kita di Manchester.

Naik Virgin Train dari Euston Station beli tiket sehari sebelumnya karena takut habis dan biar jelas jam keberangkatannya. Akhirnya dapat jam 6.15 pagi sajah..hehehe pagi bener untuk ukuran London makanya masih sisa seatnya. Sebelum naik karena belum sempat sarapan kita beli dulu Burger KIng buat di kereta. Dari London ke Manchester sekirat 3 jam, keretanya nyaman dan bersih ada wifinya lagi. Pemandangan selama diperjalanan juga bagus, bisa lihat pedesaan disana yang hampir semua sejuk dipandang mata dengan pohon-pohon khas Inggris (pohon khas inggris kaya apa sih hehehe ), domba-domba (kayak shaun the sheep hehe) yang dilepas dilapangan rumput dan rumahnya model kuno/klasik so beautiful. Walaupun rumah baru tetep aja modelnya dikunoin, ini yang jadi daya tarik di Inggris lihat gedungnya serasa berada di jaman dulu :)

Sampai di Piccadilly Manchester , kita tanya-tanya dulu ke petugas bagaimana caranya mencapai Old Trafford. Orang-orang disana ramah-ramah dan helpfull tapi ngomongnya kayak kumur-kumur lebih parah daripada di London *tepok jidat... gw sih pasrah aja, papap yang dengerin

Lagi bingung nyari bus
So jadi stasiun kita naik metolink ke Piccadilly Park (kalo ga salah malas buka2 peta lagi) dan ga tau kita naik metrolink itu ga bayar karena disuruh naik aja sama petugasnya pas kita nanya jalan tadi asiiik lumayan banget kalo ongkonta GBP 2 aja sudah 31 ribu pan hehehe. Dari sana tanya lagi deh ..ada beberapa alternatif bus yang menuju Old Trafford tapi tanya yang jelas ya yang bener-bener lewat depannya stadium karena ada juga yang lewat jalannya aja nah itu jalannya masih agak jauh. Jadi akhirnya kita naik bus no 263 :) duduk diatas sambil lihat kota Manchester... Nice!

Old Trafford dari luar

Kata papap penggemar bola pasti tau jalan ini, setelah gw tanya ngapain foto disitu
So Here we Are ! Old Trafford letaknya agak pinggir kota bukan di perumahan seperti stadium laiinya, daerahnya sepi. Old Trafford kandangnya Mancheter United Football Club yang merupakan stadium bintang 5 dengan kapasitas kira-kira  76 ribu. Club sejuta umat karena banyak banget penggemarnya hehehe...

Khusus di Old Trafford ini kita ikut tournya dengan biaya GPB 16 lebih murah dari Arsenal dan Chelsea. Kita dapat jadwal jam 10.15 masih ada waktu setengah jam jadi  kita tour ke museumnya dulu..ya isinya piala-piala, baju-baju, cerita berdirinya Old Trafford, tokoh-tokohnya pokoknya yang terkait dengan MU semua deh...gw sih ga ngerti banget cuma asik foto-foto adza hihi..

Kalo disini kita pake tour guide, neranginnya jelas banget. Orang sana rapih-rapih ya pake jas (yaelaah pan cuaca dingin coba kalo dijkt suruh pake jas di stadion lebak bulus ya kemringet hehehe) seneng lihatnya.  Waktu kita disana ada juga grup-grup lain ketemu juga sama orang malaysia yang lagi jalan-jalan sekeluarga enak bener ya bisa jalan sekeluarga.

So kita pertama kita ke tempat pembelian tiket dan tempat taruhan ckckck, terus masuk lewat pintu penonton yang mana sangaaaaat bersih lantainya dilapisi karet timbul bulat2 dengan warna merah dan hitam. Itu lantai gilaa benerrr bersiih dan masih bagus kayak belum pernah diinjek , bayangin aja itu lantaikan sudah diinjek2 puluhan ribu orang tetep aja kinclong ckckckck.. kl di Indo itu karet udah hilang kali ya begitu dipasang hehehe gw jadi banding-bandingin sama Indonesia mulu.

Lanjut ke dalam stadiumnya ...uhuuuy keren banget. Tour guidenya cerita bla..bla..bla kita asik foto-foto karena itu orang cepet bener pindah-pindahnya jadi suka ga sempat foto kalo dengerin dia dulu. Foto sampe berulang-ulang karena pas lihat kurang puas sempat diomelin papap juga karena gw motonya ga bener (iihh segitunyaa hehehe). Iya sih karena kalo dipikir sudah ga tau kapan bisa balik lagi terus fotonya  jelek ya sebel juga ya :(

Lanjut ke tempat keluarnya pemain-pemain MU, disana kita disuruh niruin gayanya pemain kalo keluar sambil dadah dadah trus ada rekaman penonton yang lagi teriak dan tepuk tangan menyambut pemain idolanya keluar..kereeen kayak kita beneran disorakin hehehe.   Kalo tadi lihat dalam stadium dari atas sekarang kita keluar dari bawah, lihat itu rumput hijau banget tapi gw lupa deh itu sintetis apa asli ya ga ikut pegang soalnya. Foto-foto lagi dong kitaaa...

Setelah itu masuk ke ruang ganti pemain, ada locker dan baju-baju digantung sesuai dengan tempat duduk masing-masing. Gw karena bukan penggemar bola ga tau yg mana yg idola taunya Giggs doang kata Papap itu sih pemain tua hehehe... Papap dong disini narsissss abis foto disemua baju :)

Setelah selesai semua kita digiring ke Mega Store MU, gw memang harus bilang WOW ...
Segala macam baju dan pernak pernik MU ada disini. Dan pas lihat kaosnya MADE IN INDONESIA waah hebat ya Indonesia terpilih jadi pembuat kaos resmi yang dijual di Mega Storenya MU..wow bangga dong gw krn Indonesia bisa ngalahin buatan China, Thailand, Taiwan, Georgia dll yang juga kaos resmi MU cuma tidak dijual di Mega Store MU.

Belanja dong kita ...ada titipan , oleh-oleh dan untuk diri sendiri? gak tuuh karena papap bukan penggemar MU padahal sudah gw suruh beli aja tetep ga mau. Tapi untung aja ga jadi beli ternyata murahan di Indonesia loh harganya, disana kalo dikurs jadi 750 ribu lah pas jalan-jalan ke Nike PIM kaosnya juga made in Indonesia lah kok cuma 650 rebuu *gubrak. Mungkin gara-gara rupiah kita lagi hancur lebur ya jadi mahal deh jatohnya.

Lepas dari Mega Store kita duduk depan stadium buat makan roti yang untungnya kita bawa dari apartemen ternyata laper juga abis keliling, nikmaaat... apalagi cuaca dingin tapi tidak terlalu dingin pas aja. Abis itu pulang deh... see you agian Old Trafford semoga lain waktu gw bisa bawa Radja dan Akbar kesini amiiiiin.

Anfield Stadium

Selesai dari Old Traffors kita langsung balik lagi ke Stasiun Picadilly Manchester beli tiket dapat yang jam 1.15 so sempat kita beli dulu makan siang buat di kereta apalagi kalo bukan Burger King hehehe again itu maksinya papap ge cuma beli tori di Mark & Spencer.

Harga tiketnya gw lupa tapi lebih murah kok karena jaraknya memaang lebih dekat kira-kira GBP 7or 11 gitu deh..
Sampe Liverpool keluar dari stasiunnya lihat kota liverpool lebih keren dari Manchester, didepan stasiun ada Museum yang gedungnya cantik banget mirip National Gallery di LOndon . Dan juga Liverpool ini lebih rame kotanya dibandingkan Manchester.
Liverpool seperti copynya kota London karena disana ada Liverpool eye, Hop on hop of, Duck tour, museum-museumnya juga mirip2 bentuk gedungnya.

So karena tujuan utamnya ke Anfield jadi kita langsung menuju station bus harus jalan dulu dari station kereta, setelah nanya2 no 17 kalo ga salah busnya. Tempat nunggu busnya enak deh kayak pos besar terbuat dari kaca *ndesooo. Turun langsung didepan Anfield letaknya masih didaerah perumahan. Sayangnya stadiumnya ditutup karena untuk persiapan esok hari dimana Liverpool akan bertanding melawan Manchester United dan kita sudah tanya harga tiket seharga GPB 200 sekitar 3 juta per orang gw ga mau la yaa.. mahal bener ,padahal biasanya bisa dapat kok harga GBP 65.

So kita disana cuma foto-foto dari luar terus shopping di mega storenya buat oleh-oleh. Selesai bayar-bayar kita lanjut ke arah Albert Dock. Sesuai dengan yang kita baca disana tempatnya wisata ada Beatles museum, Perahu, Duck Tour, Tempat souvenir, cafe diatas kapal dll.

Akooh suka sekali kota Liverpool, gedung-gedungnya lebih kuno daripada di London, lebih asri, udara sejuk.. enaaak beneer!

Disini banyak banget burung pantai yang bunyinya nyaring kayak pilm di Miami Vice getooh *jadul

tempat nunggu bus

Yellow boat

Suasananya romantis, cuma fotonya kurang okeh nih ga keliatan pemandangannya

Stasiun Radio yg musicnya gila keras banget

ga tau juga ini apaan ya

Ini peserta trainingnya, saya bukan :)

St George's Hall

iiih pokoknya bikin nagih deh jalan-jalan ke Inggris ini , jadi pingin balik lagi...
Sampe London sekitar jam 8 malam buat makan malam kita belanja aja di Salsburry (bener ga ya tulisannya) beli makanan sudah jadi tinggal dipanasin di microwave, uh untung tinggalnya di apartemen semua lengkap.

Lucy Setiawan said...

mbak....mbak....kenapa sejak pulang dari london jadi alay gituh.....akooh binun.....

Mamam Lisa said...

Akooh juga binun, ga iso ngomong londo ya ngomong alay ajaah hihi