Thursday, April 26, 2012

Emak Labil !


Pagi ini gw antara sedih dan bangga, tadi kan gw antar Radja ke sekolah maksudnya mau nemenin dia sampe kelas dan bantuin bawain perlengkapan sekolah dia yang banyak banget seperti pianika, lunchbox dan tasnya yang super berat berisi buku-buku pelajarannya  karena kemaren Radja sakit dan gw khawatir dia masih lemes untuk membawa semua perlengkapannya itu.  Secara kan gw jarang banget or hampir ga pernah lagi antar Radja sampe masuk kelas cuma waktu awal-awal masuk sekolah dulu aja.

Ehhh masaak tadi gw dilarang sama Radja ga boleh  masuk ke sekolahnya dan disuruh cepat pergi  boro-boro boleh ngantar sampe kelas..huhuhuhuuuuuu hiks Si Abang sudah punya malu kalau kelihatan teman-temannya diantar emaknya ternyata Abang sudah besar sekarang *peluk*

Gw ingat banget saat Radja masuk sekolah SD pertama kali bulan Juli 2011 kemaren, Radja itu anaknya agak pemalu dan kebetulan Radja masuk ke SD yang bukan sekolah yang sama saat dia TK dulu, jadi temannya benar-benar baru dan tidak ada yang dia kenal. Awalnya gw juga agak khawatir saat memindahkan sekolah Radja karena dia agak pemalu dan termasuk anak yang memerlukan waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.   Jadi dia ga mau masuk kalo ga gw antar sampe kelas, terpaksalah gw antar dulu masuk dan papap nunggu dimobil karena disekolahnya susah parkir jadi harus muter-muter keliling komplek dulu dan kemudian balik lagi jemput gw. 

Karena ritual itu, Papap jadi sering telat masuk kantor. Lumayan lama juga ada kali 1 bulan lebih Radja dianter terus. Kita pelan-pelan ngajarin supaya Radja berani  masuk sekolah sendiri juga kerjasama dengan gurunya Radja supaya ikut nasehatin Radja supaya berani dan biasanya Radja kalo gurunya yang ngomong nurut sama gurunya. Tapi kadang-kadang kita terpaksa memaksa Radja untuk masuk sendiri kalo sudah begitu Radja masuk sekolah sambil cemberut dan hampir nangis...kasiaaan juga siih. Ga gw punkiri memeang saat itu perasaan gw ga sabar dan pingiin banget secepatnya Radja berani masuk sekolah sendiri tanpa harus diantar, karena banyak juga teman-temannya yang langsung sudah berani masuk sendiri. Memang sifat anak beda-beda gw tau itu cuma masih aja kadang-kadang gw membanding-bandingkan dengan anak lain yang berani padahal kan ga boleh yaaa . Untung gw dan papap bisa sabar dan berusaha mengerti perasaan Radja.

Lambat laun begitu Radja sudah akrab dengan teman-temannya dan muncul percaya dirinya akhirnya Radja bisa dilepas juga dan sejak saat itu Radja di drop didepan sekolahnya aja dan dia masuk ke kelas sendiri yeaaay! senangnyaaaa.... memang ya jadi orang tua itu kadang-kadang lebay banget ada perkembangan sedikit dengan anaknya senangnya luarrrr biasa hehehehe...

Dan kejadian pagi ini ...kebalikannya gw diusir-usir suruh cepat pulang dan ga boleh antar Radja ke kelas tapi perasaaan gw kok malah jadi kacau balau ternyata anak gw sudah besar dan gw kok jadi takut ya saat anak gw sudah tidak membutuhkan gw lagi huuuuuhuuuuu.....

Serba salah saat anak terlalu bergantung dengan kita, kita menuntut dia agar mandiri. Saat anak benar-benar bisa mandiri dan tidak memerlukan kita , kita yang kebingungan dan merasa kehilangan ...Dasar Mak labil!

So ambil hikmahnya, nikmati saja semua proses yang baik atau yang buruk yang harus kita lalui bersama anak dan jangan banding-bandingakan anak kita dengan yang lain karena mereka punya keistimewaan sendiri.   

 


No comments: