Friday, February 24, 2012

Visit Lombok - Gili Trawangan 2012

Ya ampyuuun rasanya malas banget deh balik ke Jakarta, masih pingin liburaaan... Itu perasaan gw waktu harus balik dari Lombok ke Jakarta.

@Pantai Gili Trawangan

Rasanya 6 hari ga berasa berlalu begitu saja..ya minggu lalu gw sekeluarga plus papa mama dan mertua gw melancong ke Lombok. Memang siih bukan sekedar buat liburan tapi karena ada sepupu papap yang tinggal disana nikah so kenapa ga sekalian liburan secara sudah ngeluarin biaya pesawat kalo ga dimanfaatkan kan rugi lah yauuu...sambil menyelam minum air sesuai dengan moto gw prinsip ekonomis hihihi...apalagi gara-gara beberapa waktu lalu gw nonton film Arisan bareng teman-teman dan lokasinya banyak di Gili Trawangan gw jadi pingiiin banget berlibur kesana suatu kebetulan kan.

So setelah hunting tiket akhirnya kita putuskan naik  L*on Air secara harganya  paling murah eh tapi bokap nyokap gw dengan pesawat dan jam  yang sama dapat lebih murah kalo gw dapat PP seharga Rp. 1.180 ribu Bonyok dapat Rp. 1 Juta huhuhu kan lumayan selisihnya dikali 4 orang. Gara-gara gw takut kehabisan tiket jadi jauh hari sudah issued padahal nyokap mertua gw sudah ngingetin kalo L*on Air tuh semakin dekat waktu keberangkatan harganya makin turun *dengan catatan bukan peak season ya....eh ternyata bener aja nyesel beli buru-buru.

Kamis

Berangkat dari Jakarta malam jam 19.45 emang malam banget, sengaja biar gw dan papap ngantor dulu abis sayang cutinya secara ini kan masih awal tahun bo' masih panjang lagi bulan-bulan kebelakang.
Untungnya mertua gw tinggal di Lombok *salah satu tempat tinggal mertua gw, jadi transportasi terjamin biar nyampe tengah malam juga sudah ada mobil yang jemput aahhh amaan. Pas terakhir gw ke Lombok lupa tahun berapa kira-kira 3 tahun yang lalu Airportnya masih di Selaparang letaknya masih dekat kota, ternyata sekarang sudah pindah keluar kota tepatnya di Lombok Tengah menjadi Bandara Internasional Praya. Tentunya jaraknya lebih jauh memerlukan waktu sekitar 45 menit ke kota Mataram, jadi lumayan jauh sih tapi lebih dekat ke Hotel Novotel Kuta. Bagi yang tidak ada transportasi disana  ada Damri jurusan Mataram dan Sengigi, so kalo yang mau langsung ke Gili bisa naik taksi dari senggigi ke Pelabuhan Bangsal. Kalau mau lebih praktis lagi bisa pake jasa tournya sepupu gw di www.lombokflexibletour.com
Jadwal bisa disesuaikan mau dari datang sampai pulang diurusin  atau cuma mau one day tour juga bisa *promosi.com hehehe....

So malam pertama itu kita nginap di Hotel Lombok Raya karena acara resepsi sepupunya papap diselenggrakan disitu. Kenpaa gw ga nginep di rumah mertua karena rumah mertua gw kamarnya sudah penuh oleh saudara-saudaranya yang datang untuk menghadiri penikahan juga jadi kita yang muda yang ngalah *tp emang gw mau enakan di hotel hihihihi. Hotel Lombok Raya hotel pertama di Mataram yang punya kolam renang :p so walaupun merupakan salah satu hotel yang terbagus di Mataram tapi tetap aja kelihatan tua tapi lumayanlah dengan rate Rp. 460 dan Rp. 490 ribu untuk deluxe room.

Jumat

Pagi jam 7 sudah harus siap-siap karena jam 8 dijemput untuk menghadiri akad nikah dirumah tantenya papap, masih ngantuk siih cuma mau gimana lagi. Perasaan sudah ga sabar pingin jalan-jalan tapi ternyata setelah acara akad nikah selesai, gw mampir ke rumah mertua sambil papap sholat jumat setelah itu kita balik ke hotel  hujan turun jadi batal deh mau keluar akhirnya kita putuskan untuk menyambung tidur kita yang belum puas tadi pagi secara anak-anak pasti juga masih cape..akhirnya kita terlelap sampai mau magrib ckckck nikmaaaat banget tidurnya :)

Akhirnya malam itu kita cari makan malam ayam taliwang  awalnya mau makan yang di Jl Cakra depan pasar cuma tempatnya kurang nyaman kalo disitu enaknya buat dibungkus aja bawa pulang, akhirnya kita makan  di Dua Em. Khas ayam taliwang adalah ayam kampung yang dibakar plecing (maksudnya pedas) karena atam kampung jadi ukurannya kecil-kecil, seekor seharga Rp 33 ribu, selain ayam yang khas kangkungnya yang besar-besar dan krenyes kalo kita makan endang deh juga tahunya yang super lembut Mak nyooos deh..must try.

Sabtu

Karena resepsinya jam 11, jadi pagi-pagi Radja dan Akbar masih sempat berenang dulu. Mereka ditemani sama papap dan gw cukup duduk-duduk saja sambil foto-foto.
Hotel Lombok Raya
Selesai acara resepsi balik ke kamar ganti baju langsung siap-siap mau jalan. Tujuan pertama kita mau ke Narmada lalu ke Surajadi mau ajak anak-anak liat monyet.

Narmada
Narmada  adalah penginapan/villa peninggalan kerajaan Karangasem, didalamnya ada kolam tempat mandi para selir dimana tepat diatasnya ada villa raja. Dari atas villa itu raja memperhatikan para selirnya mandi dan raja akan memilih salah satu selir tersebut untuk menemani raja *enak bener yak hihihihi..
Ada satu lagi kolam yang sudah dipugar menjadi kolam renang umum, yang dulunya merupakan tempat mandi raja. Dan disana ada sumber mata air dimana menurut kepercayaan warga bisa membuat kita awet muda, gw karena ga percaya yang gituan  gw ga masuk ketempat itu dan lagi harus bayar pula ah males aja..tempatnya sih rumah kecil gitu tapi didalamnya ada keran-keran yang airnya dari mata air.

Disana ada juga flying fox lumayan panjang dan tinggi, awalnya Radja mau main itu tapi nanti aja setelah kita selesai berkeliling eh ternyata pas hampir selesai mengelilingi Narmada  tiba-tiba aja hujan, ga jadi deh sorry ya nak ...Panik juga tuh pas tiba-tiba hujan mana cuma bawa payung satu , papap sih ga percaya gw sudah bilang pas packing di Jakarta bawa payung lipat 2 dan jas hujan buat anak2 karena sekarang musim hujan eh katanya berat bawanya dan dikeluarin deh tuh payung dan jas hujan, kalo pas hujan gini baru kerasa perlunya payung dan jas hujan, secara gw kan sudah belajar dari pengalaman pas jalan di Hongkong pas musim hujan waktu itu tiba-tiba hujan angin dan kita terpaksa balik ke Apartemen karena ga bawal payung... hmpfff laki-laki sih maunya simple aja yaa

So basahlah kita, balik ke mobil gantiin baju anak-anak sedangkan yang dewasa tetap memakai baju yang basah itu untung gw ga parah. Perjalanan lanjut ke Surajadi, disana ada pura-pura gitu juga dan ada kolam ikan dimana disana ada ikan kramat yang besar dan menurut kepercayaan warga kalo pas kita berkunjung disana ikan itu muncul maka rejeki kita akan berlimpah..ya..ya.. Tapi karena masih hujan rintik-rintik kita ga mampir kesana. Di Surajadi juga banyak restoran-restoran ikan bakar dan seafood karena masih sore kita ga mampir makan disana, lanjut ke Pasar seni Sayang-Sayang buat liat-liat souvenir dan kerajinan lombok sambil nunggu hujan reda.

Malam itu harus packing dan tidur cepat karena besok mau nyeberang ke Gili Trawangan pagi-pagi biar ombak masih tenang.. Koper yang dibawa yang kecil aja karena cuma nginap 1 malam dan sisanya dititipin di rumah mertua.
Berdoa semoga besok pagi gak hujan secara 2 hari ini di Mataram hujan terus, agak ngeri juga kalo pas mau nyeberang ke Gili Trawangan hujan. Ingat waktu jaman kuliah pernah ke Gili Trawangan nyeberang naik perahu nelayan kecil cuma cukup 6-7 orang kayaknya waktu berangkat sih aman nah pas pulangnya ini agak serem eh bukan agak tapi memang seram karena ombaknya bisa setinggi 2 m kayaknya sudah mau melahap perahu kita, gara-gara kita balik dari Gili ke sorean padahal Pak perahunya sudah warning kita kalo mau balik jangan lebih dari jam 1-2 karena ombak besar, dasar anak kuliah badung ga mau denger akhirnya kita kesorean dan merasakan besarnya ombak, mana ga ada lifevest. Kayaknya kita sudah mau mati aja deh waktu itu hiii...untung selamat.

Minggu.

GILI TRAWANGAN
Rencana jam 6 berangkat ke Pamenang tempat penyeberangan molor jadi jam 7 baru start. Gw khawatir banget jadi  gw bawa pelampung rompi buat Radja dan Akbar diperahu buat jaga-jaga aja..ngeri gue..
Kita memilih jalan lewat sengigi biar bisa melihat pemandangan pantai sengigi..woow kereen deh. Waktu tempuh sekitar 45-60 menit.

Pemandangan di Senggigi
Jam 8 kurang  10 kita sudah sampai dipelabuhan Bangsal, ternyata loket untuk beli tiket penyeberangan belum buka karena pagi itu ada perayaan Maulud Nabi   jadi bukanya agak siangan, so kita terpaksa nego sama pemilik perahu langsung. Tiket resminya 1 orang Rp.10 ribu saja tapi kalo mau carter perahu biasanya Rp. 200 ribu. Kita putuskan carter satu perahu aja karena ngeri kalo rame-rame sama penumpang lain suka diisi melebihi kapasitas *ini suudzon gw aja sih  :) ... berhubung kita ga lewat loket resmi sm mereka dimahalin jadi dapat Rp. 250 ribu ya suteralah masih untung ada yang mau ngangkut.

Eh ternyata perahunya ga sekecil perahu gw dulu dan sudah ada life vestnya..Alhamdulillah gw kira kayak jaman bahaula hehehe. Nonton film Arisan ga , kalo nonton perahu jaman dulu tuh kayak yang dinaikan Tora kecil gitu dan perahu sekarang persis yang dinaikin Andin dan teman2nya itu agak besara. Alhamdulillah lagi ternyata setelah 3 hari hujan terus menerus di Lombok dengan ajaibnya pagi itu terang benderang dan air lautnya tenang jadi kita nyebrang ke Gili Trawangan dengan aman sentausaaa....Alhamdulillah. Oh ya kalo mau kesana pake kostum yang nyaman ya dan pake sandal/sepatu pantai kayak crocs karena pas mau naik perahunya kita agak nyemplung sedikit ke air.

Diperjalanan kita melewati Gili Air dan Gili Mano secara Gili Trawangan ini pulau yang letaknya paling jauh tetapi kehidupannya lebih rami disana karena hotel, villa dan cafe semakin banyak dibangun. Kalo mau yang lebih sepi sih lebih baik ke Gili Air cuma fasilitas kurang. Selama perjalanan kita disuguhi pemandangan yang indah dan aiapit dua gunung dibelakang pulau gili ada gunung Agung sedangka disisi pulau Lombok ada gunung Rinjani.
Waktu tempuh sekitar 30 menit saja kita sudah mencapai pulau Gili Trawangan. Setelah sampai kita langsung menuju Villa Black Penny yang lokasinya ga terlalu jau dari pelabuhan. Untuk koper-koper dan tas diangkut pakai Cidomo (Singkatan dari Cikar Dokar Mobil karena bannya pake ban mobil)  plus orang tua yang ga kuat jalan.  Ongkos Cidomo ke villa kita Rp. 40 ribu, ga usah takut dibohongin karena naik Cidomo sudah ada tarif resminya yang ditempel dibagian depan Cidomo jadi tinggal liat aja tujuan kita kemana disitu sudah ada tarifnya.

Kampung Gili Trawangan
Villa Black Penny
Suasana di Gili seperti kampung kecil yang kiri kananya ada cafe dan hotel dan ternyata disana turis asingnya lebih banyak dari pada turis lokal. Awalnya kita mau nginap di Villa Ombak tapi sepupunya papap promosiin villa temannya itu yang katanya baru launching bulan Desember 2011 masing-masing kamar punya private pool  dan dapat harga promosi Rp. 750 ribu harga normal katanya Rp. 1,2 juta *ga kuat iman kalo denger diskon,  jadi kita booking 5 kamar di Villa Black Penny. Kalo Villa Ombak semalam Rp. 850 ribu kao beli lewat KAHA Travel tapi kata temen gw di Ramanta Tour bisa dapat Rp. 670 ribu loh *mau nangiss, harga normal sekitar Rp.1,2 Juta. Nah masalahnya kalo beli di travel harus beli voucher dulu sebelum berangkat, kita sengaja ga beli dulu waktu masih di Jakarta karena takut ga bisa nyeberang ke Gili karena cuaca yang kerap hujan angin.

Hotel lumayan aja ukurannya agak kecil, kamar tidur dan kamar mandi bersih karena masih baru itu yang penting, but pintu kamar mandi terbuat dari kaca jadi bisa tembus pandang waah repot juga karena gw kan sama Radja dan Akbar, terpaksalah kalo gw mandi pake matiin lampu dulu hmmmpfft. Masing-masing kamar memang bener ada private pool tapi sizenya agak kecil kayaknya cocoknya disebut  kolam berendam deh ..hahahaha sebenarnya cukup nyaman cuma buat harga segitu kayaknya kurang memuaskan deh ..

Pantai depan Villa Black Penny

Radja dan Akbar sudah ga sabar pingin main di pantai so abis naro-naro barang kita langsung ke cafe depan hotel yang letaknya dipinggir pantai sambil makan siang. Makanannya Indonesian dan Wertern Food, rasanya enak dan kalo malam cafe ini termasuk yang ramai pengunjungnya, ternyata cafenya sudah lebih lama berdiri baru hotel belakangan dibuka.

Gw merhatiin  bule-bule yang lagi duduk-duduk santai dibruga-bruga tepi pantai  tuh enaaak banget serasa waktu berhenti didunia mereka, duduk-duduk sambil baca novel yang tebelnya ampyuun DJ ditemani dengan minuman dingin ..nikmaaat banget, bosen baca mereka berenang or sekedar sunbathing, pingin ga siih punya kehidupan gitu ga perlu mikirin stress jalan macet di Jakarta.

Gak perlu bule-bule itu gw aja menikmati banget detik detik di pulau itu ya walaupun ga sebebas bule-bule itu karena gw harus disibukkan dengan urusan anak-anak , seperti misalnya nyuapain Akbar, mandiin, nyiapain baju, sibuk foto-foto.. yaaah momie's stuff laaah.. but I enjoyed every moment spending time with my family Alhamdulillah.

Keliling pulau naik Cidomo
Puas anak-anak main di pantai *dipaksa udahan sebenarnya  kalo ga bs sampe malam tuh bocah,  anak-anak masih dengan kostum renangnya kita langsung naik cidomo keliling pulau dengan tarif Rp 120 ribu sekitar 1/2 jam bisa lebih kalo kita kebayakan berenti tapi bakalan kena charge tambahan kalo mau berhenti-berhenti dibanyak tempat, bisa foto-foto dulu, lihat penangkaran kura-kura dll .

Selama keliling pulau Gili ternyata banyak banget villa dan hotel baik yang baru dibangun atau baru soft launching dengan harga masih promosi. Kebanyakan konsepnya cottage..wah bagus-bagus deh. Apalagi pas ngelewatin Queen Villa yang baru aja launching dan para kakek mampirlah  plus survey ke dalam ternyata baguusss banget dan yang bikin nangis lagi harga promosi hanya Rp 750 ribu saja sama kayak hotel tempat kita nginap yang kecil dan minim fasilitas itu huhuhuhu.....nyeseeel dan keseeel  abis realitanya ga sesuai banget sama yang dipromosiin. Karena pengalaman kita ini kemaren pas sepupu gw mau honeymoon di Gili, kita saranin booking hotel 1 malam aja dulu nanti sampai Gili keliling-keliling cari alternatif hotel or villa lain karena kadang-kadang kalo lewat internet ga sesuai dengan kenyataannya. So sepupu gw akhirnya booking 1 malam aja dan sukses pindah ke hotel lain untuk malam berikutnya dan ternyata disana bisa ditawar-tawar juga harga hotelnya karena pas sepi pengunjung.

Pantai disisi sepinya
Kalau sisi pelabuhan atau sisi barat lebih ramai dan banyak resto, cafe, diving lesson, massage dll sedangkan sisi timur pulau lebih sepi jadi bagi yang rencana honeymoon bisa juga tuh milih yang sisi timur biar lebih syahdu hehehehe... villa ombak ternyata juga buat villa disisi timur namanya kalo ga salah Ocean Ombak lokasinya lebih sepi kalo Villa Ombak lumayan rame, kata nyokap gw untung kita ga jadi nginep di Villa Ombak soalnya banyak bule yang setengah bugil/berbikini berjemur didepan hotelnya secara gw kan bawa anak-anak kecil begini bisa merusak moral kaan *menghibur hati

Kalo mau santai-santai aja bisa juga sewa sepeda keliling pulau, tarifnya Rp 20 ribu sejam kalo mau 24 jam tarifnya Rp. 60 ribu.
Main dekat Pelabuhan
Selesai keliling pulau kita balik ke kamar dan dengan semangatnya Radja langsung nyemplung ke kolam renang soalnya puanaaass banget siang itu ...So acara sore main air lagi di pantai kalo yang suka diving dan snorkling patut untuk mencoba. Malam hari nongkrong di cafe sambil makan malam terus bobo deh dengan nyenyaknya...

Senin

Hari itu dimulai dengan sarapan pagi di hotel, sarapnnya so tropical dengan buah dan yogurt but Radja dan Akbar teteep sarapan dengan makanan favoritenya nasi goreng *selalu deh mau diresto apa aja pesennya nasgor.

Cafe Villa Black Penny
Setelah sarapan kita menyusuri pantai sambil Radja dan Akbar ngumpulin kerang dan keong, satu tas plastik sudah mereka dapat dan kekuuh mau dibawa ke Jakarta *padahal pas di Jakarta ga diapa-apain juga.
Sekitar jam 10 an kita siap-siap nyeberang kembali ke Lombok sengaja agak pagi karena kalo kesiangan takut ombaknya besar tp Alhamdulillah ombak lagi tenang dan perjalanan malah lebih cepat sekitar 20 menit dan tarif nyarter perahu Rp 200ribu karena beli di loket resmi.

Setelah perahu selamat bersandar di pelabuhan Bangsal kita lanjut perjalanan kembali ke Lombok sebenarnya kita sudah booking hotel di Senggigi Beach Hotel  tapi karena masih jam 11 kita rencana mau beli oleh-oleh dulu di Lombok dan melihat monyet di Pusuk. So rute yang diambil beda saat kita berangkat kalo kemaren lewat sengigi sekarang lewat hutan pusuk jadi kalo kemaren pemandangannya pantai sekarang pemandangannya hutan. Pertama gw kira kita lihat monyetnya di tempat khusus seperti di Sangeh Bali ternyata disitu monyet liar yang hidup dihutan dan kita lihatnya dari mobil aja dan monyet ada disepanjang jalan hutan pusuk itu.

Sampe Lombok beli oleh-oleh kaos di Toko Arif Cakra  dan pesan Ayam Taliwang di Cakra dekat pasar buat dibawa pulang. Lanjut makan siang ke Lembar ke arah Lombok Tengah jauh sih sebenarnya tapi katanya disitu restoran seafood yang makanannya enak banget.. kalo lihat restonya awalnya gw agak pesimis kok kecil dan biasa ajagitu ternyata rasanya    ternyata memang beneeer eunaaaak banget T.O.P B.G.T !

Sudah kenyang langsung kita meluncur ke Senggigi Becah Hotel, beres-beres barang langsung nyebur lagi ke kolam renang, pas sudah mau sunset kita pindah main ke pantai.  Senggigi Beach Hotel termasuk hotel pertama di Senggigi tapi hotelnya tetap bagus, terawat dan bersih cukup memuaskan. Karena kita dapat di garden view maka lokasinya agak jauh dari pantai karena hotel ini luas banget. Sambil nongkrong di cafe hotel nunggu sunset tapi ternyata mataharinya agak tertutup awan tapi tetap kereen. Disana juga banyak penjual mutiara dan kaos Lombok harganya ga beda jauh kok sama di Toko Arif.
Senggigi Beach Hotel

Makan malam di hotel Lina karena si papap mau nostalgia waktu dia kecil sering diajak makan disana dan dia paling ingat risolnya yang endang. Lokasinya ditepi pantai juga cuma karena malam ya gelap aja dan hanya terdengar suara ombak. Makanannya yang enak cuma risolnya doang ternyata makana lainnya biasa ajah ..mungkin kalo jaman waktu kecilnya papap itu resto sudah paling top ya tapi sekarang sudah banyak yang lebih enak lagi. Sepanjang senggigi bayak resto dan cafe jadi jangan khawatir kalo mau cari makan.

Selasa

Sarapan dan jalan-jalan di pantai langsung siap-siap check out. Terus kita ke Lombok lagi buat pamit-pamit sama mertua dan saudara-saudara sekalian ambil pesanan ayam taliwang dan kue-kue lainnya. Wah ga berasa sudah harus balik ke Jakarta kayaknya belum puas...

Sampai Jakarta papap langsung ambil mobil yang diinapin di Bandara dengan biaya 40 s.d 45 ribu per malam lebih paraktislah daripada nyuruh orang jemput or naik taksi. Karena sudah lapar berat langsung mampir ke Restoran Padang uhhh sudah kangen banget niih ...so perjalanan kita kali ini ditutup dengan nasi padang  dengan lauk ayam gulai dan cincang kambing serta teman-temannya yang lain hehehehe..

Thanks Pap for the best holiday muaaaah...

Feberia said...

selamat pagi ibu, kami tanggal 27 maret ke Bali pake citilink promo 188 ribu, tanggal 31 jam 13.00 ke lombok pake merpati promo 197 ribu, pulang ke bali tanggal 3 april jam 18 dengan wings 236 ribu, trus langsung malam itu jam 22.40 lanjut ke jakarta dengan citilink promo 188 ribu , mohon pencerahan apa yang bisa dilakukan dengan waktu segitu untuk keliling mataram dan sekitarnya, dan gili terawangan. trima kasih. Ibu Feberia.

Mamam Lisa said...

Pagi Bu Feberia... wah senang ya mau jalan-jalan Bali n Lombok. Kalo setau saya tempat wisata di Lombok lumayan banyak tp yang saya paling sukai adalah pantai, wisata air dan makanannya. Airport Mataram yang baru sangat jauh dari kota saya sarankan ibu sudah mempersiapkan untuk transportasinya ya. Dari airport ada pantai Kuta mungkin bisa mampir sekalian setelah dari airport. Bisa ke Desa Sade yaitu desa tradisional Lombok, Narmada atau ke tempat kerajinan2 di banyumuleg (tergentung selera) dan jangan lupa coba makanan khas sana. Kalo mau nginap di Mataram 1 malam saja kemudian 2 malam nginap di Senggigi. Dari senggigi bisa nyebrang ke Gili Trawangan disana banyak wisata airnya. Makanya ini juga tergantung selera ibu mau wisata apa. Semoga membantu