Wednesday, May 16, 2012

Batu Malang, Place You Must Go (1)

Ngantor hari ini super duper ngantuk karena kamaren baru balik dari  Malang terus langsung besuk tante gw yang kena serangan stroke pas mau berangkat ke Malang untung segera dibawa ke RS Jakarta. Jadi sampai rumah jam 10 malam saja huaaaaaam nguantuk plus capek karena selama di Malang acara benar-benar full tapi sangat menyenangkan.

Yang bikin nyesek camera DSLR gw ketinggalan ga kebawa jadi selama perjalanan cuma mengandalkan BB dan G-Tab huaaahhuaaaa..

Ternyata ya di Batu Malang itu banyak tempat wisata yang layak dan harus dikunjungi. Untuk ukuran dalam negeri gw angkat 2 jempol deh buat Batu Malang. Selama 5 hari disana belum semua bisa gw kunjungi karena kepotong ada acara kawinan sepupu gw juga siih..

Jadi selama disana kita nginap di Batu. Batu itu kayak Puncak kalo di Jakarta. Karena rame-rame kita sewa villa milik perorangan dengan 5 kamar tapi 1 kamarnya super duper besar dan disediakan juga extrabed by request harga per malam Rp. 1.5 juta lumayan murah. Dan keluarga gw nginap di villa de daunan 3 kamar lagi harga sewanya sama Rp. 1.4 juta juga.  Kalo sewa yang diresort pasti harganya lebih mahal. Tapi kalo mau bisa pesan lewat intenet villa di Klub Bunga, lokasinya dekat banget tempat wisata persis dibelakang Jatim Park 1. Berhubung tempat wisata yang lagi happening di Batu adalah Jatim Park jadi intinerary kita pastinya kesana Jatim Park 1 dan 2. Oh iya di kawasan Jatim Park 2 ada hotelnya namanya pohon Inn lumayan kalo capek bisa buat istirahat. Ada juga Jambu Luwuk Resort lokasinya agak ke atas, menurut temen gw yang sudah pernag nginap disana hotelnya bagus recommended.

Hari I - Sabtu
Rombongan kita dibagi 3 kloter eh 4 deng ada yang datang hari Jumat kemaren. Memang rombongan kita lumayan banyak ada kali 30 orang datang dari Jakarta karena memang karena ada acara nikahan Delly sepupu gw.  Kita naik Sriwijaya Air kebetulan pas ada promo buy 1 get 1 kalo pake BNI kartu kredit (penting : setiap mau pergi cari info dulu kalo ada penerbangan yang promo), so karena seat untuk yang promo terbatas setiap penerbangannya jadinya kita misah-misah ada yang berangkat jam 6.45 , jam 10.30 dan jam 12.30.

Rombongan gw dapat jam 10.30 bersama 2 keluarga lain. Kita kumpul dirumah tante gw disawo jajar dan makan siang dulu pake rawon buatan tante gw ueeeenaaak  tenan! sampe nambah-nambah.
Setelah semua kumpul, rombongan dibagi 2 yang tua-tua pergi ke acara midodareni dan yang muda-muda dan bawa anak kecil pergi jalan-jalan hehehe.

Pastinya gw ikut yang rombongan jalan-jalanlah...karena sudah kenyang kita cari cemilan aja so diputuskan kita nongkrong di Toko Oen yang terkenal dengan ice cream jadulnya *berdasarkan browsing2*.
Setelah puter-puter sampe deh ke Toko Oen, dan siap-siap memesan teng teeeeng ternyata ada menu steak babi OMG kenapa gw ga pernah dengar disana ada babi ya apa kurang canggih bocing-bocingnya *browsing* karena sudah terlanjur duduk dan anak-nak sudah terlanjur pingin makan ice cream ya Bismillah deh setelah kita tanya sama waitressnya apa ice creamnya mengandung babi dia bilang sih enggak *langsung ditelen aja percaya ama doi*

Rasa ice creamnya sih sebenarnya standarlaah  cuma jenis ice creamnya beraneka ragam,.suasana dalam tokonya juga enak nuansa jadul gitu, tapi ya bo' pas bayar ternyata harganya lumayan mahal  bersaing sama harga baskin robins dan haagen daz. Kalo disuruh balik lagi sih gw gak mau secara ada babi and ga murah pulak.

Setelah selesai kita langsung menuju villa kita di Batu dengan waktu tempuh kira-kira gak sampe 1 jam deh....Sampai disana kita istirahat dan anak-anak main di pekarangan villa yang memang luas dan ada tempat bermain anak-anak. Malamnya ke Payung kayak pucak pass di Jakarta, disana tempat orang-rang nongkrong melihat pemandangan kota malang sambil menikmati jagung bakar dan susu segar hangat, kalo suka STMJ disana juga ada. Susunya benar-benar segar karena kota Batu terkenal sebagai penghasil susu karena banyak yang beternak sapi perah disana.

Hari ke 2 - Minggu

Jam 9 siap-siap berangkat ke acara pernikahan Delly di Mojosari Mojokerto waktu tempuh hampir 1.5 jam. Selesai acara sekitar Jam 1 siang kita siap-siap kembali ke Batu tapi saat perjalanan pulang kita mampir di Mesjid Cheng Ho yaitu mesjid yang bentuknya mirip dengan klenteng yang didominasi ornamen china dan warna merah karena memang pendiri mesjid itu adalah keturunan China yang menjadi mualaf, unik juga..sayang gak sempat foto-foto karena low bat.

Sampe villa istirahat sebentar, setelah sholat Maghrib kita siap-siap berangkat ke Batu Night Spectaculer. lokasinya dekat aja dari villa kita. Kenapa kita berangkat malam karena BNS ini memang bukanya baru jam 4 sore dan tutup jam 11 malam. Dan direkomendasi memang lebih baik datang sore menjelang malam karena disana kita akan melihat taman lampion yang memang lebih bagus kalo hari sudah gelap.

Abang Radja narsis banget minta foto terus
Di BNS yang menarik menurut gw adalah Taman Lampionnya karena sebelumnya gw belum pernah liat yang kayak beginian. Di BNS selain taman Lampion ada arena ice skating (tp lantainya terbuat dari lilin), sepeda udara (sepeda yang jalan diatas pake monorail), Battle area (perang laser), bom bom car, trampolin, rocking tug, rumah hantu, rodeo, rumah kaca dan masih banyak permainan lainnya.

Abang Radja yang biasanya ga mau kalo difoto di taman lampion malah dia yang sibuk minta difoto, minta foto sama ini mam itu mama hupffff sudah ketularan emaknya dia hehehe. Kalo Akbar malah tumben jual mahal kalo mau difoto kayak papapnya hahahaha...

Anak-anak kalo ga dipaksa pulang ga bakal pulang tuh secara disana banyak mainan. HTM nya murah kalo hari biasa Rp. 10 ribu kalo hari libur Rp.15 ribu cuma tiap masuk wahana bayar lagi jadi jatuhnya ya lumayan juga kalo mau ngulang-ngulang mainnya.

Hari ke 3 - Senin

Sudah dischedullekan dari awal kudu ke Jatim Park karena banyak yang merekomendasikan dan katanya juga yang bagus itu Jatim Park 2 so hari itu kita ke Jatim Park 2 dulu.

Depannya museum
HTM nya kalo terusan weekdays Rp. 60 ribu kalo weekend Rp. 75 ribu. Terusannya itu untuk masuk ke museum binatang dan baby secret zoo. Lokasi kedua wahana itu bersebelahan cuma beda pintu masuknya. Kalo mau yang VIP yaitu terusan Jatim PArk I dan II seharga Rp. 100 ribu utk weekdays dan Rp. 120 ribu untuk weekend.

Tempat pertama kita kunjungi adalah museumnya karena pintu masuknya paling dekat dengan tempat pembelian tiket. Dari pintu masuk ke area Jatim Park 2 langsung terlihat Pohon Inn yang merupakan hotel berbentuk batang pohon.

Ternyata museumnya bagus loh kita jadi keasyikan foto-foto disana, dipintu masuk kita langsung disambut dengan kandang burung raksasa yang didalamnya ada taman dan bangku yang sengaja disediakan untuk foto-foto.

Lalu ada fosil dinosaurus (t-rex, tryceratops dll) walaupun cuma boongan, lanjut ada patung-[atung binatang buas yang sudah dikeraskan, kupu-kupu, ikan dll.

Kalo saran gw  biar semua wahana bisa dicoba dimuseum ini jangan terlalu lama ya, kemaren kita hampir aja kelamaan di museum karena asyik foto dan nunggu cetak foto yang diambil sama petugas dokumentasi disana masing-masing foto seharga Rp. 15 ribu.

Keluar dari Museum kita mampir dulu ke Jungle foodcourt, restorannya asyik juga loh disekitar resto tsb dikelilingi kandang macan tutul dan binatang lainnya yang dipagari oleh kaca jadi kita sambil makan bisa menikmati pemandangan hewan yang mondar mandir disamping kita. Dan lantai restonya juga bisa berputar mengililingi resto jadi pemandangannya berganti-ganti.
Jungle Foodcourt dikelilingi kandang binatang

Oh ya pada jam tertentu seperti jam 12 patung-patung binatang diresto itu akan bergerak dan mengeluarkan suara sayangnya waktu kita kesana sudah jam 12 lewat jadi ga bisa lihat deh...

Depannya Baby Secret Zoo
Setelah kenyang kita lanjut perjalanan ke Baby secret zoo. Waah... ternyata bagus dan bersih lo zoonya beda banget sama Ragunan dan taman safari, binatangnya pun kebanyakan impor, gemuk dan sehat-sehat.  Disana kita bisa melihat dari burung, reptil, aquarium, savanah dan tiger land. Pokoknya keren deeh you must go there! Disana kita juga tinggal mengikuti jalur aja kok petunjuknya sudah jelas jadi ga akan ada yang terlewat tinggal manjemen waktu aja yang harus diperhatikan.

Oh iya sebenarnya setiap kandang itu ada show time untuk memberi makan yaitu jam 11, 12 dan 13 cuma kita sudah kelewat kelmaan di museum siih jadi ga bisa lihat deuuh...

Bersih ya...

Lanjut kita ke kandang burung , dengan 5 ribu kita bisa masuk ke kandang dan memberi makan burung, Akbar dan Radja semangat banget mau masuk begitu masuk dan langsung dikerubutin burung, Radja jiper juga tempat makanannya langsung dibanting heheheh kalo Akbar tetep dipegang cuma dia nyerah manggil gw katanya keberatan karena burungnya banyak hinggap di mangkok makanan.
Ekpresi Akbar keberatan atau takut yaa..hehehe

Setelah selesai bagian binatang-binatang kita ke safari farm , disini seru banget kayaknya lebih seru dari taman safari di Jakarta. Binatangnya memang cuma camel, kuda, rusa yah yang jinak-jinak gitu tapi serunya kita keliling farm itu pake mobil terbuka yang disediakan dan kita bisa ngasih makan langsung ke binatangnya. Makanan bisa dibeli Rp 5000 per kantong. Pas rusa sih kita masih tenang-tenang aja makin lama binatangnya makin tinggi terakhir unta waaah.. dengan leher panjanganya itu dia mendekati kita dan berusaha merebut wortel dr tangan pengunjung jadi heboh lah geli aja liat mulutnya unta yang berliur-liur gitu. Ditambah lagi anak-anak teriak-teriak gitu kalo untanya mendekat. Pokooknya seru deh susah nyeritainnya, plus lagi adek gw jail banget naro wortel di baju papap jadi tuh unta njilat baju papap hahahaha...   Seruuuu!
Seru karena binatangnya mau nyium aja bawaannya

Ternyata setelah melewati bagian binatang ada wahana permainan lagi kayak dufan gitu dan ada kolam renang tapi khusus anak-anak karena kolamnya dangkal. Lengkap banget deh tuh Jatim Park 2 ada playground juga , ada cafe, ada perahu nabi nuh, ada stan tembak-tembakan, bom bom car, horor house dan masih banyak lagi. dan hebatnya semua itu gratisssss! giliing kan murah banget dengan biaya masuk Rp. 60 ribu bisa masuk dan main kesemua wahana itu ....murah tapi bagus.
Naik perahu Nabi Nuh

The krucils sebenarnya maksa-maksa mau berenang tapi berhubung jam sudah menunjukkan pukul 5 dan masih ada satu wahana lagi yang belum kita lihat yaitu tiger land dan merupakan puncaknya dari Baby secret zoo, makanya terpaksa kita ga berenang kasian juga siih abis waktu ga cukup karnea Tiger land itu jam 5.30 binatang-binatangnya sudah dimasukan kandang.

So lanjutlah kita ke Tiger Land, ternyata itu kandang tiger ada dibawah kita dan jalan yang kita pijak terbuat dari kaca kereen plus serem juga siih serasa kita mau jatuh. Tigernyapun besar banget ga kurus-kurus kayak ditaman safari gituuuh hehehe ...

Trus lanjut kesebelahnya kita masuk terowongan diatas kepala kita terbuat dari kaca ternyata disitu kandang singa putih, singanya pas banget lagi bergumul tepat diatas kita ...the krucils seneng banget liat adegan itu kayak animal kaesar katanya secara tuh singa bener-bener putih dan besar besar banget badannya. Sayangnya ga sempat difoto karena BB dan gtab kita baterainya habis semua secara ga ada yang bawa kamera hiks..tragedi banget..

So hari itu bener-bener ditutup dengan seruuuu!

Balik ke villa istirahat buat besook ...