Wednesday, February 8, 2012

Jalan-jalan ke Singapore (pulang kampung)

Judulnya so iya banget, emang kampungnya dimana mbaaak ?? hahahaha...
Gw bilang pulang kampung karena memang orang tua bokap gw tinggal disana dan sudah jadi warga negara Singapore, menikah lagi disana dan beranak pinak disana tapi bokap gw ga ikut merantau karena bokap gw sebagai anak paling besar dari 3 bersaudara saat itu sudah mulai sekolah SD saat nenek gw merantau ke Singapore so bokap gw ditiipin sama adik nenek yang di Padang. Nenek gw beranak pinak disana nambah 5 anak lagi setelah pindah ke Singapore dan bokap gw tetap jadi anak kampung di padang ga ikutan jadi warga sana deh. (woiii itu namanya bukan kampung elo kalee hehehe biar gaya maksudnyee )..tp untung deh karena gimana juga gw cinta sama Indonesia *lebay.

So kalo ada yang lagi maen ke Singapore dan pergi ke Mesjid Sultan di Arab Street pas disampingnya ada RM Padang Minang itu punya tante gw dan nyeberang dikit ada RM Padang lagi namanya Sabar Menanti nah itu cabang dari cikal bakal restoran padang yang dibuat nenek gw, cabang itu punya tante gw juga sedangkan RM Sabar Menanti yang asli sekitar 50 meterlah dari Mesjid Sultan. RM padang disana beda sama di Indonesia kalo disana ga ada tuh yang namanya lauk pauk  ditaro semua dimeja, disana kayak sistem warteg kita disini tinggal tunjuk aja dan dihitung dikasir biar praktis karena disana tenaga kerja mahal jadi sistemnya yang simple aja..itu aja tenaga kerja didatangin tante dari kampung bokap di pariaman dan pajak yang harus dibayar ke pemerintah mahal banget...berapa ya lupa gw.

Rombongan sekitar 20 orang kita berangkat ke Singapore ..seruuu ajah cuma resiko kalo pergi rame-rame ga bisa buru-buru apalagi banyakan balitanya jadi agar ribet dan lambat tapi kita enjoy aja kok paling yang lambat siap-siap aja kena semprot hehehe..

So acaranya nikahannya kan hari Minggu kita datang hari kamis malam jadi masih sempat jalan-jalan dulu.
Sudah diplanning hari ke 1 kita langsung ke Universal Studio Singapore bawa para krucils. Kita beli tiket USS juga dari Indonesia via internet karena kita kesana bulan Juli pas liburan anak sekolah  kalo go show takut ga kedapetan dan lagi harganya lebih murah sekitar $61, mungkin kalo pas bukan peak season dan weekdays jadi bisa lebih murah lagi.
Karena banyak saudara disana gw ga bingung dengan transportasi jadi langsung didrop ke komplek Resort World Sentosa sama sepupu gw. Sebelum masuk ke USS kita jalan-jalan dulu ke Merlion Plaza dimana disana ada The Big Merlion Sentosa dan dari sana bisa liat view bagus ke laut.
Rombongan sirkus :)

Universal Studio Singapore

Seru memang kalo main ke USS rame-rame jadi bisa teriak bareng apalagi karena bawa para nenek dan kakek jadi kita-kita para emak dan bapak bisa nitipin anak-anak ke kakek neneknya kalo pas kita mau main wahana yang balita ga bisa naik so nenek kakek beserta para cucu duduk manis di foodcourt  *makin sayaaang sm kakek nenek  :)

Hal yang diperlu diingat kalau masuk USS dan berkeinginan membawa makanan jangan ditenteng ya bungkus yang rapi terus masukin deh ke tas, karena kalo di USS ga terlalu ketat kayak di Disneyland Hongkong, mereka ga sampe menggeledah tas kita kok. Oh iya yang bawa balita dan ga bawa stroller ada penyewaannya di sebelah kanan pintu utama dan ruang menyususi disebelah kiri pintu utama.

Pertama masuk ambil peta USS supaya kita bisa merencanakan mau ke wahana yang mana dulu dan tidak terlewat untuk wahana yang ada jam shownya (seperti water world) juga bisa lihat dari peta tempat makanan halal. Oh ya waktu itu kita pergi bulan Juli 2011 (basi banget ya baru nulis sekarang...bodo' deh ini kan buat gw juga) pas liburan sekolah di Indonesia so lumayan rame jadi bete kalo mau naik 1 wahana bisa 1 jam antrinya dan ngeselinnya lagi kalo lihat dijalur antrian ekspres dimana mereka bayar lebih mahal jadi mereka dapat privilege ga perlu antri panjang iihh gondok banget..dalam hati besok-besok kalo kesini lagi mau beli tiket yang tanpa antri itu hiks..(eh itu pikiran pas emosi ya pas sudah dingin dan iritnya kambuh ..ogah ah bayar lebih mahal hehehe) eh tapi ya ternyata walaupun peak season gitu kalo siang rame banget semakin sore menjelang malam itu orang-orang tiba-tiba kayak menghilang deh jadi sepii dan kita bisa bebas naik wahana beberapa kali padahal siangnya rame aja gilaaa...

Begitu masuk pertama  adalah zona Hollywood dimana ada toko-toko souvenir dengan  bentuk bangunan era 50-an, jangan belanja dulu kalo cuma liat-lliat aja oke lah ntar cape bawa-bawanya dan lagi toko-toko itu tutupnya paling belakang setelah seluruh wahana tutup  jadi jangan kawatir. Kalo mau foto-foto dengan tokoh-tokoh kartun disini tempatnya tapi tokohnya biasanya berganti-ganti ada Shrek, Po Kung fu Panda, Betty Boop, Woody Woodpecker dll dan gw dengan suksesnya tidak satupun foto dengan karakter karena males ngantrinya.

Dari zona Hollywood lanjut terus kita ke kiri masuk zona Madagaskar ,kita lebih memilih ke kiri karena di zona tsb banyak wahana untuk balita. Disana kita naik zona boat ride mirip istana boneka tapi ini versi Madagaskar dan tentunya lebih bagus heee..Radja dan Akbar happy banget, gw juga seneng kok .. setelah itu kita foto bareng dengan Gloria, Melman, Marty dan Alex ,disitu ada juru foto dari USS yang mengambil foto kita tapi kita bisa juga minta tolong mereka ambil foto pakai kamera kita dan kalo kita ga mau beli hasil foto mereka juga gpp kok (yaah..pasang muka tebel aja hihihi). Sebenarnya disana ada carousel madagaskar juga tapi anak-anak kok ga tertarik jadi kita lewatin aja padahal gw pingin banget foto-foto di carousel itu secara lucu-lucu gitu. Kalo mau beli makan siang gw saranin beli di kantin zona madagaskar ini deh gw beli tempura nasi rasanya enak dan anak-anak suka dan lebih aman Insya Allah halal.

With Madagaskar's family
Lanjut ke zona Far Far Away , disini ada Enchanted Airways roller coaster cuma antrinya panjang banget ya dan gw juga agak ngeri naik beginian akhirnya kita pass aja langsung ke Shrek 4D Adventure padahal katanya sih roller coaster yang ini ga terlalu serem loh. Sebelum masuk ke teater Shrek 4D Adventure ini kita dikumpulin diruangan besar dalam istana untuk mendengarkan narasi dari Pinokio dan Mirror on the wall lumayan lama juga narasinya dan membosankan bo' mana pegel karena sambil berdiri gitu. Walalupun antrian kelihatan cukup panjang ternyata cepat juga kok karena sekali masuk bisa banyak karena studionya besar mungkin kapasitas sekitar 100-150 orang jadi disini kita ga nunggu lama. Anak-anak seneng banget nontonnya karena disini berasa disembur donkey, laba-laba merayap dikaki kita very fun deh...walaupun awalnya agak sebel karena narasi yang kepanjangan itu. Keluar dari studio kita diarahkan keluar pas Fairy Godmother's Potion shop toko souvenir.

Dari Far far away lanjut ke Jurassic Park tapi sebelum naik ke wahana yang ada disana jangan lupa ya sebelah kiri sebelum masuk Jurassic park ada water world show, nah show ini ada jadwal mainnya dan jadwal terakhir itu jam 17.30 jadi jangan kelewatan, seperti yang kita alami karena ga dengerin pengumuman bahwa ini adalah last show, pas kita menuju kesana show sudah bubar. Untungnya ada saudara gw yang rekam shownya jadi lumayanlah bisa liat kayaknya seru gitu deh kayak di film water world banyak atraksi air pake jetski dll,..pokoknya jangan  lupa ya sering yang kelewatan nih show ini.
Lanjut main ke Treasure Hunters di Ancient Eqypt antrinya lama aja pas naik ga sampai 5 menit sudah selesai hmmpfff cuma naik mobil jeep padang pasir yang berjalan sesuai lintasan dan dipinggir-pinggirnya ada banyak patung harta karun dan binatang padang pasir kayak ular, onta, buaya dll gitu doaaang cape deh tapi Radja dan akbar bilang sih oke banget *ga ngerti saya. Di zona itu ada wahana Revenge of The Mummy didepannya ada patung raksasa prajurit Anubis, ternyata didalamnya roller coaster indoor yang gelap pake anismasi gitu tapi kereen banget deh kita bisa terkaget-kaget dan tegang dibuatnya ..highly recomended deh .

Di Zona Jurassic Park ada juga wahana Adventure of Jurassic Park ini kayak arum jeram didufan bisa basah kena cipratan air dan kayaknya wahana ini termasuk favorite karena antriannya paling lama dibanding wahana lain. Kalo ga bawa baju ganti didalam wahana  dijual  jas hujan sekali pake kalo ga salah $1 apa 2 gw lupa karena ga ikut masuk siih, jadi ga usah khawatir. Masih ada wahana Canopy Flyer (roller coaster tergantung) dan Pteranodon flyer (buat segala umur)..nah waktu itu gw heran kenapa Akbar umur 4 th diijinin naik Canopy flyer pas naik akbar kesakitan karena katanya kejepit pengamannya ga tau apa terlalu keras atau gimana gw nyeseeel banget deh ngajak Akbar naik itu huhuhuuu...harusnya mereka lebih ketat dong..*apa gw yg gebleg yak ga perhatiin aturan tinggi badan :(

Di Scifi ada Battlestar Galatica, di wahana ini Anda bisa memilih jalur merah atau biru.  Merah untuk Battlestar Galactica Human, kursi wahana ini seperti pada umumnya roller coaster di tempat lain dalam posisi duduk. Untuk jalur Battlestar Galactica Cyclon ini lebih seram karena kaki kita tidak berpijak atau bergelantungan di udara dengan kecepatan tinggi. Roller coaster ini kayaknya paling memompa adrinalin deita deh..

Lanjut ke New York zone, Place world Premiere disana kita cuma ngeliat street performance ya kayak break dance or hiphop dance  gitu lumayan bagus anak-anak senang ngeliatnya.

Sebelum keluar jangan lupa liat Lights, Camera,  action : Hosted By Steven Spielberg, wahana ini juga sering kelewatan karena kalo dari depan kayak rumah kecil gitu aja padahal dibelakangnya besar dan shownya kereeen. Disitu kita bisa liat pembuatan film effect, dinarasikan kita ada diboathouse dan terjadi badai di kota New york sehingga seluruh jendela-jendela tergoncang dan pecah akibat hempasan angin, atap rumah seberang terbang,  kebakaran dengan effect api beneran, dan boathouse mulai ambruk dan terakhir kapal besar yang nyasar menabrak masuk ke boathouse ..keren deeh

Terakhir kita mau lihat fireworks pertanda akan ditutupnya USS, dikirain bakal sekeren Dinesyland HK ternyata jauh ah...mendingan nonton Song of the Sea aja di pantai Selosa kebetulan jamnya sama. Song of the Sea adalah pertunjukkan di tepi pantai yang mempertunjukkan teknologi laser, air dan musikal. Pertunjukannya ada 2 jadwal untuk setiap hari ada jam  6.40 pm dan 8.40 pm dengan harga SGP $10.

Selain USS tempat lain yang kita kunjungi

Singapore Flyer

Wahana ini ada diseberangnya marina bay, seperti bianglala tapi lebih besar diameternya dan kapsulnya juga lebih besar, dari sini kita bisa melihat pemandangan Singapore lebih leluasa. Tapi kok anak-anak ga tertarik ya ..atau karena kita naiknya malam jadi cuma keliatan lampu-lampu aja... so ga terlalu menarik untuk diceritakan..pass

Night Safari

Walaupun ga ikut ke night safari dengan rombongan karena radja panas malam itu tapi gw tetap review berdasarkan cerita my fams. Katanya binatang-binatangnya ga keluar jadi ga keliatan apa-apa hehehe pengalaman yang sama gw alami beberapa tahun yang lalu gw kesana ga liaaat apa apaa gelap doang.  Sebenarnya ada pertunjukkan seperti di Taman safari tapi karena terlalu malam dan anak-anak sudah  ngantuk jadi ga semua ditonton. So saran gw  mendingan datang ke Singapore zoo siang hari lebih layak.

Sisa jalan-jalannya adalah belanja dan belanja, jangan lupa ke Bugis Junction, Orchard dan Ikea tentunya oh iya sempat juga ke Vivo City.

Tips Hotel :

Hotel menengah yang lagi trend V hotel, hotel baru lokasinya diatas Stasiun Lavender.
Kalo mau cari hotel yang sekitar orchard tapi harganya miring coba aja di Supreme Hotel  (browsing aja di agoda or booking.com)
Kalo gak di apartemen Lucky Plaza  yang gw tau cuma ini:
- Madam Soh (katanya punya 4 unit) #23-02 : (+65) 6736 1306 atau (+65) 9639 1586
- Madam Lie (adiknya Madam Soh) : (+65) 6732 5629
- Lily (katanya paling bersih) #21-01 : (+65) 6732 9876 atau (+65) 9003 0863
- Ibu Frieda/ pembantu nya Mbak Ati - Lucky Plaza #20-01: (+65) 62386078
- Mdm. Wong (+65) 94570490 (maid: Umi/Ati +65 67387515)

Mau lebih murah lagi coba di hotel goodway or Lavender 81 daerah geylang, kalo cari hotel daerah geylang jangan yang no nya diatas 25 karena disitu daerah hitam. tapi kalo masih bawah 25 masih aman kok malah suasananya enak banyak rumah makan khas melayu, bisa  minum teh tarik  sambil nongkrong liat-liat jalanan Singapore :)