Wednesday, December 28, 2011

Officially say good bye to pampers

Alhamdulillah akhirnya adek Akbar lepas juga dari popoknya pas dia berumur 4 tahun 4 bulan, lumayan bisa mengurangi anggaran belanja bulanan…hihihi. Wahkok lama ya… kalo dibanding sama abang Radja memang Akbar lebih lama bebas dari pampersnya kalo Radja sudah sama sekali ga pake pampers sejak umur 3 tahun.
Sebenarnya kalo ga pake pampers siang hari Radja dan Akbar sudah sejak umur 2 tahun juga sudah ga pake pampers, karena sejak bisa jalan sekitar 11 -13 bulan sudah dibiasain toilet training jadi mereka sudah bisa bilang kalo mau pipis or puppy. Malah cepetan Akbar dibandingkan Radja bisa pipis dan puppy di toilet.

Nah..yang jadi masalah tuh pas tidur malam hari mereka masih suka ngompol jadi masih dipakein pampers. Kalo Radja sudah ga ngompol lagi sejak umur 3 tahun, lebih cepat dari Akbar karena waktu itu Radja gw latih toilet training malam hari pas umurnya hampir 3 tahun. Caranya sebelum tidur dipipisin dulu terus setiap 3 jam gw bangun khusus buat bangunin Radja buat pipis ke toilet, awalnya dia gak mau bangun sendiri jadi terpaksa gw gendong ke toilet dan berhasil deh pipisnya mancur. Proses itu terus gw lakukan rutin lama kelamaan Radja mau juga gw bangunin dan jalan sendiri ke toilet. Misalnya Radja tidur jam 9 malam, jam 12 dan jam 3 gw bangunin Radja buat pipis or gw baca kelagatnya aja kalo
sudah mulai resah berarti dia mau pipis.. Kenapa gw bisa mutusin setiap 3 jam karena awalnya gw memperhatikan dulu pola ngompolnya Radja dengan tidak memakaikan pampers untuk beberapa malam, dari situ gw tau kira-kira Radja ngompol jam berapa dan berapa kali dalam semalam. Tapi sering juga gw ketiduran, jam 12 berhasil pipis ke toilet eehhh jam 3 gw bablas ya udah deh ngompol lagi Radja. Alhamdulillah dengan perjuangan dan pengorbanan berkurangnya jam tidur gw yang sempat buat gw ngantuk berat di kantor, gak sampai 1 bulan akhirnya Radja berhasil ga ngompol lagi..yeayyyy!

Ternyata cara mengatasi ngompol seperti Radja gak mempan ke Akbar, awalnya pas Akbar 3 tahun gw mulai nih mau ngajarin akbar toilet training malam hari. Susahnya observasi jam biologis akbar pipis kok berubah-ubah ya.. ga sama kayak abangnya yang rata-rata jam biologisnya hampir sama. Pernah gw bangun jam 12 ternyata Akbar sudah ngompol duluan hhrrr…..ga jelas banget jadwalnya! Terus Akbar kalo gw bangunin buat pipis malam hari susaaaaah banget sampe nangis-nangis , gw coba gendong sampe ke toilet terus gw bediriin persis kayak metode yang gw lakukan ke Radja , ditunggu-tunggui kok ga keluar-keluar juga tuh pipis akhirnya Akbarnya nangis karena kelamaan berdiri dan ngantuk berat ya udah akhirnya gw tidurin lagi eh sekitar ½-1 jam Akbar dengan suksesnya ngompol lagi ..weleh weleh… dan itu gw coba sampe 2 minggu ternyata tetep aja ga berhasil , setiap gw bawa ke toilet pipisnya ga keluar begitu tidur ngompol lagi..ya suteralah akhirnya gw biarin aja deh mungkin setiap anak itu beda-beda waktu dan kesiapannya. Akhirnya pampers jadi teman tidur Akbar setiap malam hehehe…

Gw akhirnya cari tau dong kenapa kok Akbar masih aja ngompol dan akhirnya dapat ilmu dari blog dr.Agnes.Ismailfahmi. Kalo bahasa kerennya ngompol itu disebut enuresis yaitu tidak dapat menahan keluarnya air kecil. Nah Akbar termasuk yang nocturnal enuresis dimana ngompol yang terjadi ketika tidur malam hari saja. Hasil perburuan gw itu bahwa anak umur balita kalo masih ngompol masih dalam tahap wajar tapi kalo sudah diatas 5-6 tahun masih ngompol paling tidak 2x sebulan maka orang tua sudah harus mulai mencari penyebab dan solusinya. Enuresis juga dibagai menjadi enuresis primer dan sekunder, kalo primer seperti yang dialami Akbar memang masih dirange umur dimana anak-anak belum dapat mengontrol pipisnya, sedangkan enuresis sekunder jika anak sudah tidak mengompol dalam jangka waktu lama dan tiba-tiba anak mengompol lagi dimana kemungkinan penyebabkanya karena anak stress, perubahan kondisi dll.

Penyebab dari enuresis primer ada beberapa namun untuk kasus Akbar gw ambil kesimpulan terjadi karena keterlambatan matangnya fungsi susunan syaraf pusat (SSP) dan adanya keturunan dari orang tuanya juga (Ibu..hihihi) yang juga mengalami ngompol sampai umur 3-4 tahun *nuntupmukamalu. Pada anak normal ketika kandung kencing sudah penuh oleh air kencing (urine), sistem syaraf di kandung kencingnya akan melapor kepada otak. Kemudian, si otak akan mengirim pesan balik ke kandung kencing. Otak akan meminta kandung kencing untuk menahan pengeluaran air kencing, sampai si anak betul-betul sudah siap di toilet. Tetapi pada anak dengan keterlambatan matangnya SSP, proses ini tidak terjadi, sehingga saat kandung kencingnya penuh, anak tidak dapat menahan keluarnya air kencing tersebut.

Berdasarkan info diatas maka gw ambil kesimpulan bahwa kasus Akbar masih mengompol di umur 3 tahun masih dalam tahap normal dan akhirnya gw putusin untuk tetap memakai pampers sampai dia siap dan mampu untuk menahan pipisnya. Dan Alhamdulillah akhirnya datang juga hari itu, awalnya seminggu yang lalu gw buka pamper Akbar kok kering ga ngompol sama sekali padahal biasanya pampersnya beraat banget karena penuh pipis mungkin sampai 2x pipis. Terus malam berikutnya gw coba dong ga pake pampers dan ga lupa bawa pipis dulu sebelum tidur dan ternyata berhasil sampai pagi Akbar ga ngompol juga dan itu sudah berlangsung lebih dari seminggu..

So karena sudah lewat tes maka gw nyatakan Akbar officially sudah bebas ngompol dan bisa say good bye to pampers hehehe… satu tahap lagi sudah dilewati oleh Adek Akbar., Selamat ya Akbar !



No comments: