Wednesday, August 22, 2012

Ramadhan 1433


Rasanya Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan paling menyenangkan buat gw karena Abang Radja sudah puasa full Yeaay! Alhamdulillah ...


Padahal awalnya gw sempat was-was juga karena tahun lalu Abang Radja sama sekali ga puasa dan sama sekali ga bisa bangun pas sahur..eeh ternyata anak mamam pinterrr tahun ini langsung bisa puasa full cuma batal 3 hari itu juga di hari pertama puasa karena mungkin dia belum terlalu ngerti. 

Jadi pas sahur pertama Radja berhasil bangun dan makan sahur walalupun cuma beberapa suap itu juga sambil ngantuk-ngantuk. Nah pas bangun pagi karena sekolah libur jadi bangunnya ga terlalu pagi, gw ingetin ke Radja kalo hari ini puasa jadi ga boleh makan dan minum ya sampai magrib..eeeh begitu dikasih tau ga boleh makan dan minum dia malah bilang" akuu mau makaaan aku laperr" deeeeh pigimana ini dilarang malah jadi mau, padahal kalo hari biasa disuruh makan aja susah *tepokjidat.

Tapi okelaah kita kasih fur hari itu, Radja langsung makan dengan lahap, tapi janji akan puasa full besok. Dan ternyata dia menepati janji loh besoknya dia puasa full, tapi hari ke 3 nya cuma puasa setengah hari. Hari ke 4 puasa full lagi terus hari ke 5 setengah hari , jadi selang seling gitu ...ya udahlah gw biarin aja. Ehh ternyata hari ke 6 dst Radja puasa full padahal gw ga maksa cuma kayaknya gara-gara dia mulai sekolah dan termotivasi melihat teman-temannya puasa full jadi ada unsur kompetisi juga sih kayaknya, walaupun teman sekolahnya yang puasa full baru sedikit. Oh iya satu lagi yang buat dia semangat puasa, karena nenek + atok, nenek + ungku dan papapnya menjanjikan reward uang setiap dia puasa dan sholat tarawih *jangan2 ini faktor terbesar yg buat Radja semangat puasa*.

Ada yang bilang gak bagus kalo anak diiming-imingi uang untuk berpuasa tapi gimana ya gw kayaknya pingin menghargai usaha Radja untuk puasa dengan reward dan tetep kok gw kasih pengertian kalo ibadah itu karena Allah Swt dan hadiah hanya bonus saja. Gw waktu kecil juga digituin sih sama bokap nyokap ...so gw berdoa saja semoga anak-anakku menjadi anak yang sholeh amin.  

Minggu pertama Radja akan ngadu ke gw kalo lihat adeknya makan karena dia jadi kepingin, padahal Akbar sudah gw larang makan depan abangnya dasar ya yang kecil ini memang suka usil kadang-kadang sengaja dia makan depan abangnya hehehe...

Tapi mulai minggu ke 3 , waktu Akbar gw tegor jangan makan or minum  depan Radja ..eh malah Radja bilang  "biar aja mam adek makan/minum, aku gak papa kok" oooh...terharu gw ternyata Radja sudah kuat godaan :) 

Dan yeaaay total Radja puasa 26 hari.... walaupun  penuh perjuangan
  • Pas sahur gw harus nyuapin Radja ditempat tidur karena doi makan sambil merem *lapkeringat* biar aja deh yang penting sahur.
  • Syarat kalo buka puasa dan sahur harus ada menu sate ayam, jadi sebulan tuh sate ayam selalu ada di meja gw sampe eneg liatnya, cuma kalo ga ada sate Radja sahurnya ogah-ogahan ...ya sudah jadi langganan tukang sate deh kita.   
  • Tiap malam kudu beli silverqueen dan permen karet 
  • Gw usahakan tiap malam sebelum tidur makan lagi, karena gw takut Radja lemes karena pasti kalo sahur makannya ga banyak..jadi kadang gw kasih mie instan juga biar dia mau makan lagi *sekali2ngelanggar gpplah yaa..
  • Harus rela nemenin ngabuburit maen bulu tangkis dan bola, gw heran deh anak-anak tuh kalo puasa bukannya lemes malah tetep ga bisa diem.. dapat tenaga darimana ini bocah gw aja lemesss. Untung gw cuma sabtu minggu kena gilirannya, yang ketiban capek ya mbak2nya dirumah dari senin sampe jumat hehehehe...  
  • Sediiih liat badannya Radja jadi kuruuuus banget tinggal tulang ama daging dikit, Nenek + atoknya aja sampe kaget waktu liat pas kita jemput mereka di airport karena baru balik dari Azerbaijan setelah 2 bulan disana. Kata mereka jangan dipaksalah puasa kasian liatnya tapi suerrrr gw ga paksa dia aja kok yang mau... Tapi gpp ya nak Insya Allah sehat dan setelah puasa kita kumpulkan lagi daging dan lemak ya *buat Radja aja jangan ke emaknya juga..plis ya Alhah :) 

Gimana Adek Akbar? yak dia sukses puasa setengah hari 7 hari sajaaah...gapapalah untuk pemula sudah lumayan, mudah-mudahan tahun depan bisa ikutan puasa full ya dek...
 


No comments: